Penelitian Pengaruh Unsur Hara Tertentu Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kacang Hijau (Phaseolus Radiatus)

I. LATAR BELAKANG

Alasan kami memilih judul tersebut karena ada faktor yang mendorong kelompok kami untuk mengadakan penelitian tentang proses pertumbuhan tanaman khususnya pada pertumbuhan kacang hijau (Phaseolus Radiatus). Didalam masa pertumbuhan kacang hijau itu memiliki keunikan yang menarik perhatian kita untuk meneliti apa yang terjadi pada masa proses pertumbuhannya. Sedangkan arti dari pertumbuhan itu sendiri adalah suatu proses pertambahan yang bersifat irreversibel atau hanya berjalan satu arah. Didalam pertumbuhan kacang hijau ada beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain faktor dalam dan faktor luar. Faktor dalam berupa hormon dan gen, sedangkan luar berupa suhu, cahaya, kelembapan dan nutrisi.

Pada penelitian ini kami akan membahas mengenai salah satu faktor luar berupa nutrisi yang mempengaruhi proses pertumbuhan tanaman kacang hijau, apabila diberi perlakuan yang tidak sama maka proses pertubuhannyapun akan berbeda. Untuk itu kelompok kami akan menguji kebenaran asumsi tersebut dengan mengadakan penelitian berdasarkan prosedur yang telah kami buat. Untuk mengetahui pengaruh unsur hara tertentu pada pertumbuhan tanaman kacang hijau tersebut, kami akan memberikan perlakuan yang berbeda dengan cara memberi tiga macam jenis unsur hara terhadap tanaman kacang hijau.

II. KAJIAN TEORI

Pada proses pertumbuhan tanaman nutrisi sangat diperlukan. Nutrisi atau zat makanan berupa unsur hara. Salah satu unsur hara tersebut adalah pupuk. Pupuk dibagi menjadi 2 yaitu pupuk alami atau organik (pupuk kandang, kompos) dan pupuk buatan (urea). Ciri-ciri pupuk organik : Mengandung nitrogen, tidak meninggalkan sisa asam organik didalam tanah, mempunyai kadar persenyawaan organik yang tinggi.
Pupuk adalah zat yang ditambahkan pada tanah dengan maksud meningkatkan kesuburan tanah sehingga tanaman lebih produktif . Tanaman memerlukan 6 unsur kimia agar pertumbuhannya normal. 3 unsur yaitu C (karbon), H (hidrogen), O (ksigen) diambil dari udara 13 unsur lainnya diserap dari tanah melalui akar. Unsur yang terkandung didalam pupuk antara lain unsur N, unsur P, dan unsur K

Pada proses penelitian ini kami menggunakan 3 macam pupuk antara lain :
1. Pupuk kandang
2. Pupuk kompos
3. Urea

III. HIPOTESA

“ Pada Proses Pertumbuhan jika tanaman kacang hijau diberi pupuk kacang hijau urea maka proses pertumbuhannya akan cepat dan subur ”

IV. ALAT DAN BAHAN

 16 butir biji kacang hijau yang baik
 4 buah polibag
 Tanah yang mengandung humus
 Unsur Hara : 1.pupuk urea
2.pupuk Kompos
3.pupuk Kandang secukupnya
 Air secukupnya
 Alat untuk Menanam


V. CARA KERJA

 Siapkan 4 polibag kemudian bag.bawah polibag diberi lubang kecil, selanjutnya masing-masing polibag diberi tanah hingga ketinggiannya sama.
 Rendam biji kacang hijau yang akan dijadikan benih selama ± 1 jam agar menghasilkan benih yang baik.selanjutnya benih tersebut disemaikan ke polibag dengan ketentuan masing-masing polibag diberi 4 butir biji kacang hijau.
Kemudian biji kacang hijau itu dibenamkan dalam tanah dengan ketentuan kedalamannya ± 1 cm.
 Letakkan masing-masing polibag tersebut di tempat yang tidak terkena sinar matahari agar proses awal pertumbuhannya berlangsung dengan cepat.
Apabila benih sudah mulai tumbuh hingga berdaun kemudian diletakkan ditempat yang terkena sinar matahari yang cukup.
 Setelah itu diberi perlakuan sebagai berikut :
1) Ambil 1 polibag kemudian diberi label A setiap 3 hari sekali disiram dengan 1 sendok the pupuk urea dalam 1/8 liter air.
2) Ambil 1 polibag kemudian diberi label B setiap 3 hari sekali disiram dengan 1 sendok the pupuk kompos dalam 1/8 liter air.
3) Ambil 1 polibag kemudian diberi label C setiap 3 hari sekali disiram dengan 1 sendok the pupuk kandang dalam 1/8 liter air.
4) Ambil 1 polibag kemudian diberi label D setiap 3 hari sekali disiram dengan 1/8 liter air tanpa diberi pupuk.
5) Kemudian mencatat pertambahan panjang tanaman kacang hijau tersebut setiap 3 hari sekali.

Majlis Link OtomatisFree Smart Automatic BacklinkMalaysia Free Backlink Services FreewebsitepromotionLink Portal Teks TVAutoBacklinkGratisjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service